Wednesday, December 26, 2012

Undangan Universitas Muhammadiyah Surakarta

26 Desember 2012, Ibu Meidiana (Ketua  TSSC Research Team) mendapatkan undangan sebagai pembicara dalam kuliah pakar "Pengembangan Pelayanan Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas" dari Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pembicara kedua dari kuliah pakar ini adalah Prof. Dr. dr.Aris Sudyanto, Sp.,Kj (K), beliau adalah dokter jiwa yang juga akan membawakan tema mengenai kejiwaan dalam komunitas



Pada kesempatan ini, Bu Meidiana datang bersama 3 orang anggota  TSSC Research Team  dan perwakilan dari Social Volunteer, mereka antara lain Ike Puspitaningrum, Novita Pusparini dan Siti Irsalina. Selain Ibu meidiana membawakan materi mengenai Sowan Method, Ike juga presentasi mengenai Desa Binaan Community Mental Health Nursing.



kuliah pakar kali ini disambut sangat antusias oleh dosen dan mahasiswa UMS. Bahkan, pihak UMS menyatakan ketertarikan untuk bergabung dengan CMHN PSIK FK Undip dan akan melakukan kunjungan segera ke Desa Binaan CMHN PSIK FK Undip.

Desa Binaan melalui CMHN itu sendiri adalah sebuah desa di kawasan Jurang Blimbing Rw 4 Kelurahan Tembalang Semarang, dimana  PSIK FK Undip sedang melakukan perintisan desa binaan dengan tujuan untuk membangun kualitas kesehatan jiwa dari desa itu sendiri. projek ini secara bertahap telah dikembangkan dengan berdirinya "Ruang Nyaman" sebagai wadah untuk para warga berkumpul dan melakukan aktivvitas positif yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan jiwa bagi para warga.

Metode Sowan sendiri merupakan metode baru yang dikembangkan oleh TSSC Research Team yang digunakan dalam berinteraksi dengan klien. "Sowan" dalam bahasa Jawa berarti "Kunjungan", Metode Sowan berarti metode yang kita lakukan dengan melakukan kunjungan terhadap klien, bukan sebaliknya.

Prof. Dr. dr.Aris Sudyanto, Sp.,Kj (K) membahas mengenai kesehatan jiwa yang terdapat dimasyarakat, seperti disosiasi, pentingnya dokter untuk menyelesaikan masalah kejiwaan di masyarakan, fenomena-fenomena unik yang sekarang terjadi seperti indigo, kesurupan massal dan sebagainya.

Inti dari kuliah pakar kali ini, lakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita. Sesuatu tersebut mungkin saja sederhana, tetapi yang sederhana itulah yang secara perlahan tapi pasti akan dapat bermanfaat penuh ke masayarakat luas.

*SI


No comments:

Post a Comment